>
Jumat, 30 Agustus 2019 10:46

Bidang Statistik Dan Bapppeda Gelar Monitoring Evaluasi Data Sektoral

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO –  Bidang Statistik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo menggelar monitoring dan evaluasi (Monev) data sektor di ruang media centre Dinas Kominfo Kabupaten  Gorontalo Utara.

Monev kerjasama Bidang Statistik dengan Bapppeda Provinsi Gorontalo ini dibuka oleh Kepala Bidang Statistik, Fatma Biki, Rabu (28/8/2019) dan berlangsung selama 2 hari.

Kegiatan ini diikuti 32 wali data dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Gorontalo. Mereka mendapat pembekalan dari sejumlah narasumber, review data sector oleh Fatma Biki, evaluasi kinerja sektor dan target RPJMD oleh Bidsang Evaluasi dan Pengendalian Bapppeda.

“Bidang Statistik perlu melakukan review kegiatan bidang statistik terkait pelaksanaan Statistik Sektoral. review  hari pertama untuk mempresentasikan  indikator sektoral yang sudah masuk data base data sektor Provinsi Gorontalo di 34 OPD melalui penginputan yang sudah dilaksanakan para wali data atau penanggung jawab data,” kata Fatma Biki, Kepala Bidang Statistik.

Dalam paparan Mariana Armaijn, Kepala Bidang Bidang Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Provinsi Gorontalo menyimpulkan perlunya evaluasi capaian kinerja sektoral pada semester 1 yang harus disinkronkan dengan rencana strategis OPD sehingga terlihat progress setiap triwulan 1 dan triwulan 2 serta tidak ada penyimpangan dengan renstra.

Untuk mengukur pencapain kinerja sebagaimana target RPJMD, diperlukan pemutakhiran data sektor untuk setiap pengukuran kinerja, output dan outcome kegiatan serta membuat format evaluasi untuk beberapa perubahan indikator, baik kenaikan atau penurunan yang sifatnya ekstrim, di evaluasi triwulan maupun semester.

“Dari hasil telaah data sektoral 2018, sebagian indikator sudah bukan menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Gorontalo sehingga dalam format data base statistik harus dihilangkan,” ujar Fatma Biki.

Fatma Biki menjabarkan hasil pembaruan data 2019 yang belum dimasukkan dalam data 2018 akan ditambahkan pada evaluasi kinerja sektor untuk melihat progress melihat progress kemajuannya. Capaian kinerja OPD yang berdasarkan telaah dilakukan penyesuaian antara inputan pada aplikasi e-data dengan manual report.

Dan evaluasi kinerja sektor yang disinkronkan dengan pencapaian target RPJMD perlu diselaraskan dengan Renstra/renja OPD.

 

Pewarta : PPID bidang Statistik

Baca 276 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo