>
Senin, 08 Juli 2019 10:55

Paris Jusuf : Sebaiknya DPRD Kota/Kabupaten Gelar Dialog Rutin Bulanan Dengan Warga

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KABILA – Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris RA Jusuf melakukan dialog interaktif, menyapa rakyat di desa Tanggilingo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango, Minggu (7/7/2019).

Dalam dialog ini Paris Jusuf mengakui instrumen formal untuk menyerap aspirasi masyarakat berkaitan dengan kebutuhan pembangunan dirasakan belum optimal untuk menyerap kebutuhan nyata masyarakat.

"Forum Musrenbang yang dilaksanakan berjenjang dari tingkat desa tidak maksimal menyerap kebutuhan masyarakat. Masyarakat yang diundang di acara itu katakanlah 200. Tapi yang hadir hanya 15. Akhirnya aspirasi yang tertampung hanya dari 15 orang. Yang sisanya terlewatkan," kaat Paris Jusuf.

Di sisi lain, instrumen formal di DPRD seperti kegiatan reses hanya dilaksanakan berkala. Sehingga tidak bisa mendeteksi persoalan kekinian yang ada di masyarakat. Sehingga DPRD idealnya harus menambah frekuensi pertemuan dengan masyarakat.

"DPRD Gorontalo sudah melakukannya dalam 5 tahun terakhir, setiap bulan ada agenda pertemuan dengan masyarakat, dialog interaktif menyapa rakyat," ujar Paris Jusuf.

Paris Jusuf juga meminta DPRD Kabupaten dan Kota sebaiknya juga melakukan hal yang sama, agar setiap bulan para wakil rakyat di kabupaten dan kota bisa bertemu dengan masyarakat, mendengar keluhannya dan menampung aspirasi warga.

“Dialog interaktif  DPRD Provinsi selama ini banyak mendengar aspirasi masyarakat, tetapi sesunguhnya menjadi wewenang kabupaten-kota,” jelas Paris Jusuf.

Paris Jusuf  sadar masyarakat yang menyalurkan aspirasi tidak tahu masaalh yang disampaikan ini kewenangan siapa, mereka hanya mengutarakan kepada wakil mereka. Kalau DPRD Kota dan Kabupaten jarang melakukan dialog dengan warga, maka sulit untuk menyerap keinginan warga dan mengetahui permasalahan di lapangan.

"Mudah-mudah dengan kegiatan dialog interaktif setiap sebulan sekali, DPRD kabupaten-kota bisa mendapatkan masukan berkaitan pengalokasian anggaran dalam menjawab kebutuhan masyarakat, sesuai dengan kewenangan masing-masing daerah,” pungkas Paris Jusuf.

 

Pewarta : Moh. Yani Uno – Sekretariat DPRD

Baca 47 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo