>
Senin, 08 Juli 2019 10:39

Dinas PUPR Keruk Gulma Air Untuk Mempercantik Danau Perintis

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Salah satu alat berat milik Dinas PUPR Provinsi Gorontalo yang digunakan untuk membersikan enceng gondok serta tumbuhan air lainnya.  (Foto Yudi) Salah satu alat berat milik Dinas PUPR Provinsi Gorontalo yang digunakan untuk membersikan enceng gondok serta tumbuhan air lainnya. (Foto Yudi)

SUWAWA – Penataan Danau Perintis di Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango menjadi fokus banyak instansi.

Selain Balai Wilayah Sungai II Sulawesi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo juga terlibat dalam normalisasi danau kebanggaan masyarakat Bone Blango ini.

Salah satu tahap pekerjaan dalam penataan ini adalah pembersihan eceng gondok, gulma dan tanaman air lain yang mulai menyesaki danau.

“Pemerintah Provinsi prihatinan terhadap aset danau perintis yang tidak terawat ini. Gubernur, Sekda serta Pemda Bone Bolango telah bertemu secara khusus yang menghasilkan satu kesepakatan untuk membersikan gulma dan rumput yang berada di atas air,” kata Handoyo Sugiharto, Kepala Dinas PUPR, akhir pekan lalu.

Untuk membersikan danau ini membutuhkan sarana yang memadai agar pekerjaan ini bisa segera tuntas, termasuk penggunaan alat berat untuk mengangkat gulma basah dan memindahkan ke lokasi lain.

Pekerjaan ini dilaksanakan selama 3 minggu dan hasilnya sudah mulai terlihat. Danau ini terlihat lebih luas dan nyaman untuk dijadikan kawasan pariwisata, selain memiliki fungsi hidrologi dan pengembangan perikanan.

Dinas PUPR menyebut sudah 5000 meter kubik eceng gondok, gulma serta tanaman air lainnya yang berhasil dibersihkan dari danau ini.

“Pembersihan sudah 60 persen dan untuk sampah secara perhitungan kita sebanyak 7500 meter kubik dan kita sudah membuang sekitar 5000 meter kubik sampah ke tempat pembuangan” lanjut Handoyo Sugiharto.

Handoyo Sugiharto berharap, danau ini dapat dijadikan tempat untuk parawisata, juga bisa bermanfaat untuk penanggulangan banjir dan membantu pertanian yang ada di Kabupaten Bone Bolango.

 

Pewarta : Yudi/PUPR – Dinas PUPR

Baca 50 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo