>
Rabu, 10 Juli 2019 10:36

BPBD Terlibat Revitalisasi Danau Perintis

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Staf dan peralatan perahu milik BPBD yang terlibat dalam pembersihan Danau Perintis Staf dan peralatan perahu milik BPBD yang terlibat dalam pembersihan Danau Perintis

SUWAWA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan  Ruang Provinsi Gorontalo melakukan pembersihan Danau Perintis di Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango .

Kegiatan ini merupakan bagian dari program revitalisasi Danau Perintis dalam mengembalikan fungsi hidrologi, pengairan sawah dan irigasi teknis serta untuk pengembangan kepariwisataan.

Pelibatan BPBD dalam pengerukan lumpur dan pembersihan gulma air ini sudah dilakukan sejak Rabu (3/7/2019) pekan lalu sampai dengan saat ini.

Sejumlah perahu karet dan alat-alat diturunkan untuk memberishkan gulma bersama sejumlah staf BPBD. Mereka terlibat kerja dengan instansi lain dalam satu tim yang sinergi.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Gorontalo, Sumarwoto berharap keikutsertaan isntansinya ini dapat mempercepat program revitalisasi danau yang sudah menjadi kebijakan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie.

Danau Perintis merupakan dapat berfungsi sebagai menampung debit air sehingga dapat mengurangi banjir di wilayah Suwawa dan Kabila, disamping itu juga dapat mengairi lahan  pertanian.

“Kami berharap masyarakat dan Pemda Kabupaten  Bone Bolango dapat menjaga kebersihan Danau tersebut, agar bisa memberi nilai tambah masyarakat, kalau sudah bersih, Danau bisa jadi tujuan wisata, tempat latihan olahraga air,” ujar Sumarwoto.

 

Pewarta : Iswandi Jusuf - BPBD

Baca 45 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo