Gubernur Rusli Salat Iduladha Terakhirnya di Vila Bolihutuo

0
1105
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kiri) saat mendengarkan khutbah Iduladha di vila pribadinya di Desa Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Selasa (20/7/2021). Salat id diikuti oleh keluarga dekat dan petugas pemprov yang sehari hari bersama Gubernur Rusli. (Foto: Salman).

BOALEMO, Kominfo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengikuti salat Iduladha di vila pribadinya di Desa Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Selasa (20/7/2021).

Ini menjadi Iduladha terakhirnya sebagai gubernur setelah hampir 10 tahun memimpin Gorontalo. Rusli diketahui akan purna tugas pada 12 Mei 2022. Jika diberi umur panjang, Rusli masih berkesempatan Idulfitri 1443 Hijriyah pada 2-3 Mei tahun depan.

Salat Iduladha berlangsung sederhana dan penuh khidmat. Protokol kesehatan diperhatikan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Alhamdulillah hari ini bersama keluarga berkesempatan salat Iduladha di rumah. Tadinya ingin salat di masjid, tapi karena masih pandemi kita ikut saja arahan pemerintah. Terpenting rukun dan syarat sahnya salat terpenuhi,” jelas Rusli.

Pelaksanaan salat Iduladha dimulai pukul 07.00 WITA. Bertindak sebagai khatib Kabag Kesra Pemprov Gorontalo Hi. Yaser Arafat Dama sementara salat dipimpin oleh Ustadz Ridwan Djama.

Dalam khotbahnya, Yaser Dama mengangkat tema Hikmah Iduladha di masa pandemi covid-19. Di masa sulit seperti ini, umat Islam diminta tetap bersatu dan meningkatkan semangat kepedulian dan berbagi dengan sesama.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyaksikan penyembelihan hewan kurban di vila pribadinya di Desa Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Selasa (20/7/2021). Rusli dan keluarga besarnya menyembelih 12 ekor sapi di tiga lokasi untuk dibagikan kepada karyawan SPBU dan warga sekitar. (Foto: Salman).

Kepatuhan terhadap pemerintah sebagai representasi dari Ulil Amri juga penting agar tatanan sosial dapat berjalan teratur dan terkendali. Semangat Iduladha yang rela berkorban karena Allah harus menjadi spirit umat di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Usai salat Iduladha, Gubernur Rusli menyaksikan penyembelihan dua ekor sapi sebagai kurban. Rusli dan keluarga besarnya menyembelih 12 ekor sapi di tiga tempat berbeda untuk dibagikan kepada karyawan SPBU dan warga sekitar.

Artikel Terkait  Jelang Ramadan, 1.500 KPM di Gorut Terima Bantuan Pangan

Pewarta: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini