Gubernur Gorontalo Paparkan Kebutuhan Proyek Utama di Bappenas

0
323
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kiri) foto bersama dengan Menteri PPN/Bappneas Suharso Monoarfa serta para Gubernur se Sulawesi, Selasa (3/3/2020). Acara Rapat Koordinasi Penyusunan RKP 2021 itu dimanfaatkan untuk paparan proyek utama (major project) dari setiap daerah untuk diusulkan ke pemerintah pusat. (Foto: Zakir-BPPG).

JAKARTA, Humas – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berkesempatan untuk memaparkan kebutuhan proyek utama (major project) di Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Nasional (PPN/Bappenas) di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Pada Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021, setiap Gubernur diberi kesempatan paparan selama 15 menit di hadapan Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa dan jajarannya.

Tiga usulan prioritas daerah yang dipaparkan Rusli yakni kelanjutan pembangunan jalan Gorontalo Outer Ring Road. Ada juga usulan tentang kelanjutan pembangunan jalan nasional Gorontalo-Manado di jalur selatan serta pengembangan tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talumelito.

“Terkait dengan GORR ini bahwa Pak Presiden memberikan janji tentang pembebasan lahan. Itu yang akan kita bahas dengan tim teknis di Bappenas. Mudah-mudahan bisa dipenuhi,” ungkap Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki usai acara.

Masalah pengembangan TPA Talumelito, lanjut menurut Budi, juga mendesak untuk dilakukan. Pasalnya TPA itu menampung sampah dari tiga daerah yakni Kota Gorontalo, Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo. Setiap tahun rata-rata sampah yang ditimbun dan diolah kembali sebesar 30.000 kubik.

Dari empat selter yang ada, tiga di antaranya sudah ditutup untuk timbunan sampah. Selter 4 dengan luas 2,1 hektar dan kedalaman 9 meter tinggal menyisakan sedikit ruang kosong.

“Selain usulan proyek utama tahun 2021, Pak Gubernur juga memperjuangkan proyek strategis nasional di Gorontalo yaitu revitalisasi Danau Limboto, revitalisasi bandara Djalaluddin untuk embarkasi haji, SPAM regional dan Islamic Center,” imbuhnya.

Artikel Terkait  Gubernur Gorontalo Minta Pasien Covid-19 Dikarantina Pemda

Gubernur Rusli menjadi “bintang forum” di hadapan para gubernur saat memaparkan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) rumah sakit dr. Hj Hasri Ainun Habibie. Rusli menjadi perhatian para gubernur, menteri, pejabat dan staf Bappenas karena dipandang bisa menjadi contoh bagi daerah lain yang minim APBD namun tetap melakukan pembangunan.

Menteri PPN Bappenas Suharso Monoarfa berharap agar daerah lain bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh Gorontalo. Skema KPBU menjadi alternatif terbaik pembangunan infrastruktur dasar di tengah sulitnya kondisi keuangan di pusat dan daerah.

Pewarta: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini