WEBSITE RESMI

PEMERINTAH PROVINSI GORONTALO

Gubernur Canangkan Gerakan “Gorontalo Bergerak Cegah Corona”

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, bersama Danrem 133 NWB dan Sekretaris daerah Provinsi Gorontalo saat melakukan aksi bersih bersih tempat ibadah (masjid). Aksi ini merupakan rangkaian dari gerakan “Gorontalo Bergerak Cegah Corona”. Selain masjid, lingkungan rumah dan lingkungan sekitar juga dilakukan dengan menyemprotkan desinfektan, Jumat, (20/3/2020). (Foto : Salman Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama seluruh pimpinan OPD dilingkup Pemprov Gorontalo mencanangkan aksi “Gorontalo Bergerak Cegah Corona”. Gerakan ini ditandai dengan dilaksanakannya, aksi bersih-bersih rumah, tempat ibadah (masjid) dan lingkungan sekitar, menggulung karpet, serta menyemprotkan desinfektan.

“Gerakan ini untuk mengantisipasi dan melawan corona. Kita bikin aksi ini serentak di Provinsi Gorontalo, yang harus diikuti para bupati/ walikota, camat dan dusun serta partisipasi masyarakat,” ungkap gubernur saat turun langsung ikut membersihkan masjid dan lingkungan sekitar rumah pribadi gubernur, Jumat, (20/3/2020).

Gubernur kembali mengingatkan kepada masyarakat tidak usah terlalu panik, tidak usah takut dengan corona. Hadapi corona dengan PHBS (pola hidup bersih dan sehat) terutama cuci tangan dan rajin membersihkan lingkungan. Ia juga berpesan, kepada masyarakat untuk bekerja seperti biasa tidak libur. Menurutnya, libur itu sesuai dengan kondisi daerah masing masing, jangan ikut ikutan.

Tim dari PMI Gorontalo saat menyemprotkan desinfektan dilingkungan rumah pribadi gubernur sebagai aksi dari Gorontalo Bergerak Cegah Corona. Selain rumah, lingkungan sekitar dan tempat-tempat ibadah juga dibersihkan. Aksi ini juga serempak dilakukan oleh para bupati/ walikota, camat dan dusun yang juga diikuti oleh partisipasi masyarakat, di Gorontalo. (Foto Salman).

“InsyaAllah kondisi gorontalo sampai seterusnya akan baik-baik saja. Kasihan kalau libur semua. Contohnya seperti pedagang kalo semua diliburkan gimana? Siapa yang mau jualan dipasar. Siapa juga ngeluarin duit di bank kalo semua kita liburkan. Terkait sekolah khususnya, untuk SMA/SMK lagi kita kaji hari ini. Kalau tim putuskan libur ya diliburkan. Bukan libur juga namanya, tapi belajar dari rumah. Jadi jangan ikutan kenapa daerah lain sudah libur kita tidak. Kita kaji betul apakah dampaknya jika libur dan belajar dari rumah,” tambahnya

Gubernur dua periode ini pun berencana akan terus menggalakkan aksi bersih bersih ini. Karena menurutnya, aksi ini juga sebagai langkah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas corona itu apa, corona ini bagaimana, penyebarannya lewat apa dan bagaimana mencegahnya.

Aksi penyemprotan desinfektan dilakukan oleh anggota PMI Gorontalo dengan jumlah 580 orang yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Aksi ini juga ditandai dengan di bunyikannya suara sirene dan klakson mobil/motor, disepanjang jalan Kota Gorontalo yang dimulai dari pukul 08.00 AM.

Pewarta : Ecin-Nova

Editor – Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest