Empat Tokoh Nasional Ini Diaspirasikan Terima Gelar Adat Gorontalo

0
6259
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat memberikan cinderamata kepada Menteri Pariwisata Sandiaga Uno usai menggelar rapat bersama di Jakarta, Kamis (18/2/2021). Sandiaga bersama tiga putra daerah Gorontalo yakni Suharso Monoarfa, Zainuddin Amali dan Roem Cono diaspirasikan untuk menerima gelar adat atau pulanga. (Foto: Dzakir – BPPG).

KOTA GORONTALO, Kominfo – Empat tokoh nasional diaspirasikan untuk menerima gelar adat Gorontalo atau pulanga. Mereka adalah Suharso Monoarfa yang kini menjabat Menteri PPN/Bappenas, Zainuddin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga, Sandiaga Salahuddin Uno yang menjabat Menteri Pariwisata serta Roem Cono yang kini menjabat Dubes RI untuk Bosnia Herzegovina.

“Ada aspirasi dari tokoh masyarakat dan tokoh adat Gorontalo agar beliau beliau ini diberi gelar adat atau pulanga. Aspirasi ini layak kita pertimbangkan dengan melalui mekanisme adat Gorontalo,” kata Ketua Dewan Adat Gorontalo Abdullah Paneo, Kamis (18/2/2020).

Pulanga diberikan kepada putra putri Gorontalo yang memiliki ilomata atau karya untuk negeri. Nama Suharso, Zainuddin, Sandiaga dan Roem dinilai layak untuk diberi gelar adat karena kiprah dan dedikasinya untuk negara dan daerah.

“Pak Suharso sudah dua kali jadi menteri dan anggota DPR berapa periode, Pak Zainuddin sebelum jadi menteri sudah berapa periode jadi anggota DPR RI, pak Roem juga sudah lama jadi anggota DPR RI sebelum dipercaya sebagai Dubes. Demikian juga pak Sandiaga Uno yang sebelumnya pernah menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta,” bebernya.

Aspirasi tersebut akan diberitahukan atau moowoli kepada Wali Kota Gorontalo Marten Taha selaku tauwa lo data. Selanjutnya dewan Adat akan membahasnya di tingkat limo lo pohalaa atau lima negeri adat yakni Gorontalo, Limboto, Suwawa, Atinggola dan Bulango.

Artikel Terkait  1-21 April Semua ASN Pemprov Gorontalo Bekerja dari Rumah

Pewarta: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini