Distribusi Logistik Pilkada Bone Bolango Capai 95%

0
199
Sekretaris daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba yang di damping Dan Satradar Kwandang, unsur Kesbangpol, unsur Dinas PMD Dukcapil,unsur Satgas Covid-19, serta komisioner KPU dan Bawaslu, saat meninjau beberapa TPS yang ada di Kabupaten Bone Bolango, Selasa (8/12/2020). Foto – Nova

Bone Bolango, Humas – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Bolango menyebutkan persiapan logistik untuk proses pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Bone Bolango sudah capai 95 persen. Hal itu diketahui berdasarkan hasil peninjauan lapangan oleh Sekretaris daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba yang di damping Dan Satradar Kwandang, unsur Kesbangpol, unsur Dinas PMD Dukcapil,unsur Satgas Covid-19, serta komisioner KPU dan Bawaslu, Selasa (8/12/2020).

“Persiapan pilkada di Bone Bolango alhamdulillah logistik sudah sekitar 95 persen berada di TPS-TPS. Sisanya masih lima persen lagi dan itu dipastikan harus selesai petang ini sekitar pukul 16.00 Wita,” ungkap Kabag Keuangan dan Logistik KPU Provinsi Gorontalo Adrian Mustafa.

Adrian menambahkan seluruh TPS yang ada di Kabupaten Bone Bolango setelah ditinjau, telah berdasarkan aturan yang diterapkan oleh KPU Provinsi Gorontalo. Mulai dari tata letak denah TPS, kesiapan tempat duduk pemilih yang hanya bisa menampung sembilan orang persesi dan tempat bilik pemungutan suara khusus, jika ada pemilih yang memiliki gejala suhu tubuh di atas 37 derajat.

“Untuk menghindari kerumunan saat Pilkada Serentak besok, KPU provinsi memang telah menerapkan denah TPS sesuai kapasitas. Dan tadi berdasarkan pemantauan, KPU Bone Bolango telah menerapkan itu. Dan paling penting harus ada bilik khusus untuk pemilih yang saat nanti di tes suhu badan jika di atas 37 derajat, maka akan dilayani berdasarkan protokol kesehatan yang lebih ketat,” jelasnya.

Artikel Terkait  Ditetapkan Siaga Darurat Corona, Gubernur Gorontalo Tekankan Partisipasi Warga

Sementara itu Darda Daraba menilai persiapan pilkada serentak untuk Kabupaten Bone Bolango sudah bisa dibilang 100 persen siap. Ini berdasarkan hasil pantauannya, di mana rata-rata TPS yang dikunjungi surat pemberitahuan pemungutan suara atau C6 dan kotak suara telah terdistribusi.

“Bahkan untuk bagian Pinogu sana yang kita tahu bersama lokasinya jauh dan lumayan sulit, sudah selesai didistribusi. Alhamdulillah, kami mengapresiasi kinerja KPU dan Bawaslu ini. Mudah-mudahan besok semua berjalan dengan lancar dan aman. Saya ingatkan lagi tetap patuhi protokol kesehatan, jangan lengah, kita sedang berada disituasi pandemi,” tandasnya.

Pada kunjungan tersebut Sekda Darda bersama tim mendatangi lima TPS yakni TPS 2 Kelurahan Oluhuta Kecamatan Kabila, TPS 2 desa Tanggilingo Kecamatan Kabila, TPS 1 desa Hulemo Kecamatan Suwawa, TPS 2 desa Bulotalangi Barat Kecamatan Bulango Timur dan terakhir TPS 1 desa Popodu Kecamatan Bulango Timur. Selain meninjau TPS, Sekda juga meninjau langsung kantor KPU dan Bawaslu Bone Bolango.

Untuk diketahui jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bone Bolango sebanyak 115.539 jiwa. Jumlah tersebut tersebar di 351 TPS, 160 desa, 5 kelurahan dan 18 kecamatan. Pilkada Bone Bolango diikuti oleh empat pasangan calon.

Pewarta : Echin/Nova
Editor : Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini