Diskominfotik Gelar Bimtek Statistik Bagi Wali Data

0
124
Kadis Kominfotik diwakili Kepala Bidang Statistik Fatma Biki saat memberikan materi pada Bimtek Wali Data OPD yang digelar di Aula Kantor Dinas PU Pohuwato, Senin (29/3/2021). Bimtek diharapkan bisa meningkatkan kemampuan Wali Data OPD untuk pengelolaan data sektoral di instansi masing-masing. (Foto: Diskominfotik).

POHUWATO, Kominfo – Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo menggelar pembinaan teknis dan pembinaan statistik bagi Wali Data Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin (29/3/2021). Acara yang digelar di Aula Kantor Dinas PU Kabupaten Pohuwato dibuka oleh Kadis Kominfotik diwakili Kabid Statistik Fatma Biki.

Bimtek diarahkan untuk kesiapan survey dan kompilasi data sebagai produk administrasi statistik sektoral. Peningkatan tahapan dan diseminasi kegiatan statistik sektoral dan updating aplikasi data sektoral dengan tambahan fitur dan layanan data sesuai formula dalam SPBE.

“Pembinaan bertujuan untuk mengarahkan dan menampung kebutuhan kebutuhan statistik baik metodologi serta pemahaman petugas data sektor terhadap penyelenggaraan statistik,” kata Fatma.

Lebih lanjut Fatma menjelaskan, dalam penyusunan dan pengelolaan data sektor sangat dipengaruhi oleh Wali Data setiap OPD. Pengelolaan sata wajib dilakukan secara lengkap, aktual, valid dan akuntabel serta disampaikan kepada Dinas Kominfo dan Statistik.

“Dinas Kominfo dan Statistik melakukan koordinasi dengan BPS untuk penentuan metodologi penyelenggaraan Statistik Sektoral. Metodologi meliputi penyempurnaan standar dari struktur dan format data dan atau metadata, pengelolaan data serta informasi yang sudah diverifikasi dan divalidasi pada proses kliring data,” imbuhnya.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu diikuti oleh Plt Kepala BPS Gorontalo Rudi Cahyono. Ia didaulat memberikan materi prosedur penyelenggaraan statistik sektoral oleh pemerintah daerah.

Artikel Terkait  Positif Covid-19 Bertambah 10: Enam Orang Klaster Batudaa

Pewarta: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini