Destinasi Wisata Religi Bubohu Jadi Desa Wisata Nasional

0
3397
Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan) didampingi Kadis Pariwisata Rifli Katili, mengikuti webinar strategi digital marketing UMKM berbasis pariwisata dan ekonomi kreatif secara virtual di rumah jabatan Wagub, Minggu (29/8/2021). (Foto : Haris)

KOTA GORONTALO, Kominfotik – Destinasi wisata religi Bubohu yang terletak di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, berhasil masuk dalam 50 besar lomba Desa Wisata Indonesia tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Lomba Desa Wisata Nasional diikuti oleh 1.873 desa wisata di seluruh Indonesia.

“Salah satu program yang kita unggulkan untuk pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif adalah desa wisata dan ternyata Gorontalo berhasil menembus satu dari 50 desa wisata terbaik yaitu desa wisata religi Bubohu,” ungkap Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno pada webinar strategi digital marketing UMKM yang digelar oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Gorontalo secara virtual, Minggu (29/8/2021).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili yang diwawancarai usai webinar itu menjelaskan, destinasi wisata religi Bubohu memiliki karakter yang lengkap karena merupakan salah satu desa wisata yang memenuhi tiga unsur klasifikasi desa wisata yaitu wisata alam, wisata buatan, dan juga wisata budaya. Dari karakteristik alamnya, lanjut Rifli, destinasi wisata ini terdiri dari unsur pantai, pegunungan, dan aspek geopark.

“Kita patut bersyukur dan berbangga, karena dari Sulawesi tidak semua provinsi ada wakilnya. Regional sulawesi hanya ada empat desa wisata yang masuk dalam kategori 50 Desa Wisata Nasional,” kata Rifli.

Rifli berharap, destinasi wisata religi Bubohu nantinya bisa masuk dalam kategori 10 besar Desa Wisata Nasional. Ia memohon dukungan seluruh pihak untuk mewujudkan harapan tersebut, karena jika terwujud tentunya akan banyak program kegiatan yang bisa dilakukan untuk memajukan Desa Wisata Bongo.

Artikel Terkait  Wagub Gorontalo Ikuti Rakor Masyarakat Produktif Aman Covid-19

“50 Desa Wisata ini akan didatangi langsung oleh pak Menparekraf. Kita akan mempersiapkan dengan baik menyambut kedatangan bapak menteri di Desa Wisata Bongo,” tandas Rifli.

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini