Desa Wisata Bongo Berbenah Sambut ADWI

0
1104
Seorang warga memasang bilah bambu untuk spot foto “Dego-Dego Love” di area destinasi wisata Pantai Dulanga Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Rabu (15/9/2021). (Foto : Haris)

KABUPATEN GORONTALO, Kominfotik – Masyarakat Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, dengan dimotori oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mandiri Pariwisata, terus melakukan pembenahan tiga destinasi wisata yang ada di desa tersebut. Desa Bongo dengan tiga destinasinya yaitu taman wisata religi Bubohu, Masjid Walima Emas, dan Pantai Dulanga, berhasil masuk dalam nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Untuk penilaian 10 besar, kita akan dikunjungi langsung oleh bapak Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno bersama tim ADWI. Berbagai persiapan kita lakukan untuk membenahi sarana prasarana yang ada di tiga destinasi wisata di Desa Bongo ini,” ungkap Ketua Pokdarwis Mandiri Pariwisata, Muhlis Panai, ditemui di Pantai Dulanga, Rabu (15/9/2021).

Muhlis menjelaskan, pembenahan yang dilakukan dititikberatkan pada tujuh kategori penilaian. Adapun kategori penilaian ADWI 2021 meliputi homestay atau tempat penginapan, toilet, suvenir, desa digital, konten kreatif, daya tarik wisata, serta CHSE yaitu Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment (ramah lingkungan).

“Untuk taman wisata religi Bubohu pembenahan yang kita lakukan sudah mencapai 75 persen, Masjid Walima Emas sekitar 80 persen, dan Pantai Dulanga kurang lebih sudah 90 persen,” ujarnya.

Sementara itu penanggung jawab destinasi Pantai Dulanga, Yamin Nusi menuturkan pembenahan yang dilakukan meliputi pembangunan dan perbaikan sejumlah sarana pendukung pariwisata, di antaranya pembangunan gerbang, spot foto Dego-Dego Cinta, serta ayunan di tepi pantai. Pantai Dulanga juga sudah dilengkapi oleh sarana protokol kesehatan, seperti tempat cuci tangan, papan imbauan penerapan protokol kesehatan, termasuk menyediakan masker untuk pengunjung yang tidak menggunakannya.

Artikel Terkait  Pemprov Gorontalo Bantu Karyawan RRI

“Alhamdulillah pembenahan Pantai Dulanga mendapat dukungan besar dari masyarakat. Setiap hari masyarakat berboyong-boyong datang untuk membersihkan pantai ini,” tandas Yamin.

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini