Berkunjung ke Kampung Halamannya, Menparekraf Disambut Adat Mopotilolo

0
1847
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno (kedua kiri) disambut dengan upacara adat Mopotilolo di halaman rumah jabatan Bupati Gorontalo, Sabtu (6/11/2021). (Foto : Haris)

KABUPATEN GORONTALO, Kominfotik – Sejak menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), untuk pertama kalinya Sandiaga Salahudin Uno berkunjung ke kampung halamannya, Provinsi Gorontalo. Kedatangan Menparekraf disambut oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim bersama Forkopimda Provinsi Gorontalo di Bandara Djalaludin, dan dilanjutkan dengan prosesi adat mopotilolo di rumah jabatan Bupati Gorontalo, Sabtu (6/11/2021).

Mopotilolo merupakan upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negera yang untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional. Kemudian dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Menparekraf bersama rombongan selama berada di Gorontalo.
Kunjungan kerja Menparekraf di Provinsi Gorontalo akan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 6 hingga 7 November 2021. Pada hari pertama, Menparekraf Sandiaga Uno akan melakukan visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Malam harinya dilanjutkan dengan ramah tamah bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo di aula rumah jabatan Gubernur Gorontalo.

Sebelum bertolak kembali ke Jakarta pada Minggu, 7 November 2021, Menparekraf akan mengeksplor wisata hiu paus di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, dan meresmikan Rumah Kreatif Gorontalo di Desa Langge, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango.

Artikel Terkait  NKRI Peduli di Paguyaman Pantai Akhiri Pendistribusian BLP3G

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini