Berkunjung ke Gorontalo, Menkop UKM Disambut Adat Mopotilolo

0
288
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki (kemeja putih) saat diterima secara adat Mopotilolo oleh pemangku adat Gorontalo, di Bandara Djalaluddin Gorontalo, Sabtu (28/12/2019). (Foto : Haris)

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki diterima secara adat mopotilolo saat tiba di Bandara Djalaluddin Gorontalo, Sabtu (28/12/2019).

Kunjungan mantan Kepala Staf Kepresidenan itu diterima oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim. Hadir juga Wakil Ketua DPR RI Dapil Gorontalo, Rachmad Gobel serta Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

Mopotilolo merupakan upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negera yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Mopotilolo dilaksanakan di ruang VIP dengan diawali penyerahan persembahan adat kepada Menkop UKM. Selanjutnya ada ada jamuan teh dan kue tradisional Gorontalo yang disajikan oleh pemuka adat.

Prosesi mopotilolo dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Teten bersama rombongan selama berada di Gorontalo.

Mantan Ketua Indonesian Corruption Watch (ICW) itu dijadwalkan berada di Gorontalo hingga Minggu besok. Beberapa acara yang ia ikuti diantaranya pengukuhan pengurus koperasi dan penyuluhan bertempat di Gedung Dinar, Limboto, Kabuaten Gorontalo. Keesokan harinya Menkop UKM dijadwalkan meninjau sejumlah UKM di Bone Bolango.

Pewarta: Isam/Haris

Artikel Terkait  Wagub Idris Semangati Warga Desa di Tengah Pandemi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini