ASN Dishub Gorontalo Dibekali Kompetensi Kesyahbandaran

0
151

Gorontalo, Humas – Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Perhubungan se-Provinsi Gorontalo dibekali kompetensi kesyahbandaran, di Hotel Amaris Kota Gorontalo, Rabu (28/8/2019).

Diklat teknis awal dasar-dasar kesyahbandaran khusus Dinas Perhubungan yang diikuti oleh 60 peserta ini, dilaksanakan oleh Balai Diklat Pelayaran (BDP) Sulut bekerjasama dengan Balai Pendidikan Dan Pelatihan Transportasi Laut (BP2TL) Kementerian Perhubungan RI.

Kepala BDP Sulut M. Syukri Pesilette mewakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Perhubungan dan disampaikan secara berjenjang ke bawah.

“Diklat Kesyahbadaraan ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan atau kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Perhubungan,” ucap Syukri.

Lebih lanjut Kepala Diklat Pelayaran Sulawesi Utara mengatakan, diklat ini bukan memberikan kewenangan terhadap peserta untuk menerbitkan SPB (Surat Persetujuan berlayar) tetapi merupakan pengetahuan awal tentang kesyahbandaraan.

“Setelah mendapatkan pemahaman, mengerti dan menyampaikannya kepada masyarakat pentingnya menjaga keselamatan jiwa dan keamanan disektor transportasi laut. Diklat ini bersifat Short Course, setelah mengikuti diklat, para peserta akan menerima sertifikat yang bisa dimanfaatkan nantinya,” ujar Syukri.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, M. Jamal Nganro mengucapkan terima kasih kepada Balai Diklat pelayaran Sulut, yang telah mempercayakan Provinsi Gorontalo untuk menjadi tempat penyelenggaraan Diklat Dasar-Dasar Kesyahbandaraan khusus Dinas Perhubungan.

Artikel Terkait  PUPR Gorontalo Teken MoU Rencana Pekerjaan Jalan Provinsi

“Provinsi Gorontalo diapit oleh dua perairan yaitu teluk tomini sebelah selatan dan Laut sulawesi di sebelah utara sehingga Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi ASN kami untuk mendapatkan wawasan tentang kesyahbandaran ditambahkan teori sehingga makin memperluas pengetahuan ASN Perhubungan didaerah,” kata Jamal.

Jamal Nganro juga memaparkan, pendidikan dan pelatihan tersebut terlaksana karena sinergitas dan kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Daerah, Balai Diklat Pelayaran Sulut dengan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo. Hasil Diklat ini nantinya akan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, hal ini merupakan wujud nyata program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo yakni Pemerintah yang lebih melayani.

pewarta : ppid Dishub

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini