Aloei Saboe Kembali Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

0
637
Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan), memimpin pertemuan dengan TP2GD yang membahas usulan Pahlawan Nasional dari Gorontalo di ruang kerja Wagub, Rabu (26/1/2022). (Foto : Haris)

KOTA GORONTALO, Komifotik – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo bersama Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) kembali akan mengusulkan almarhum Aloei Saboe untuk menjadi pahlawan nasional. Pada tahun 2021, Aloei Saboe masuk dalam delapan besar tokoh yang diusulkan ke Presiden Joko Widodo untuk memperoleh gelar Pahlawan Nasional.

“Dari delapan tokoh itu, dipilih hanya empat orang untuk menjadi Pahlawan Nasional, karena itu merupakan hak prerogatif Presiden. Namun sesuai amanat undang-undang, daerah dapat mengusulkan kembali pahlawan itu pada tahun berikutnya,” jelas anggota TP2GD Provinsi Gorontalo, Muhammad Isman Jusuf, saat diwawancarai usai pertemuan dengan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di ruang kerja Wagub Gorontalo, Rabu (26/1/2022).

Pada pertemuan itu terungkap, Pemprov bersama TP2GD Gorontalo akan mengusulkan dua nama sekaligus untuk menjadi pahlawan nasional. Selain Aloei Saboe, tokoh lainnya yang akan diusulkan adalah almarhum Hans Bague Jassin atau yang lebih dikenal dengan HB. Jassin.

“Dinas Sosial Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango mengusulkan satu nama yaitu bapak HB. Jassin. Keduanya akan kita usulkan menjadi pahlawan nasional tahun ini,” jelas Isman.

Terkait pengusulan pahlawan nasional itu, Wagub Idris Rahim menginstruksikan TP2GD bersama Dinas Sosial Provinsi Gorontalo untuk segera menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan. Khusus untuk Aloei Saboe, dokumen dan semua persyaratan administrasinya sudah lengkap, menggunakan hasil yang sudah dikaji dan dikumpulkan pada tahun 2021.

Artikel Terkait  Stok Cabai Rawit di Gorontalo Surplus

“Untuk HB. Jassin kekurangan yang harus segera kita lengkapi adalah biografinya serta pelaksanaan seminar nasional. Kita berpacu dengan waktu karena batas akhir pengusulan pada 31 Maret 2022. Sehingga itu untuk dokumen pak HB. Jassin ini saya minta dalam waktu dua minggu sudah selesai,” tandas Wagub Idris.

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini