13 OPD Pemprov Gorontalo Lampaui Target Fisik dan Keuangan

0
121
Suasana rapat koordinasi dan evaluasi Triwulan III tahun anggaran 2021 tingkat Provinsi Gorontalo di Hotel Damhil, Kota Gorontalo, Kamis (14/10/2021). (Foto : Haris)

KOTA GORONTALO, Kominfotik – Sebanyak 13 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo melampaui target fisik dan keuangan pada Triwulan III tahun 2021. Hal itu terungkap pada rapat koordinasi dan evaluasi penyerapan anggaran yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di Hotel Damhil, Kota Gorontalo, Kamis (14/10/2021).

OPD dengan realisasi fisik tertinggi diraih oleh Inspektorat sebesar 98,5 persen dari target 97,13 persen. Sedangkan untuk realisasi keuangan tertinggi dicapai oleh Dinas Pangan sebesar 93,33 persen dengan target 89,03 persen. 20 OPD lainnya enam di antaranya target fisik sudah tercapai, namun keuangan masih rendah, dan sisanya realisasi fisik dan keuangan masih di bawah target.

“Target fisik kita secara keseluruhan untuk Triwulan III sebesar 71,77 persen, capaiannya sudah melampaui target yakni sebesar 77,92 persen. Sedangkan target keuangan 69,09 persen, realisasinya masih di bawah sebesar 64,85 persen,” ungkap Wagub Idris Rahim.

Idris menjelaskan, belanja daerah Provinsi Gorontalo tahun anggaran 2021 diupayakan untuk mendukung penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi. Ia berharap, pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemprov Gorontalo dan kabupaten/kota telah sesuai dengan sasaran yang telah ditargetkan melalui Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

“Sekarang sudah pertengahan bulan Oktober, kurang dari dua bulan lagi kita akan mengakhiri tahun anggaran ini. Oleh karena itu saya minta seluruh program harus diselesaikan tepat waktu, berkualitas, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” tegas Wagub.

Artikel Terkait  Wagub Kukuhkan Pengurus Yayasan Pohuli Ilmu Ilomata

Sementara itu berdasarkan data e-Monep Biro Pengendalian Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Gorontalo, untuk realisasi fisik dan keuangan kabupaten/kota Provinsi Gorontalo, capaian fisik tertinggi diraih oleh Kabupaten Gorontalo Utara sebesar 71,26 persen. Sedangkan realisasi keuangan tertinggi dicapai oleh Kabupaten Pohuwato sebesar 60,95 persen.

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini